Senin, 10 Februari 2014



Fenomena tentang adanya degradrasi nilai spiritual yang mengarah kepada timbulnya krisis moral di kalangan objek didik sangat dirasakan pengaruhnya, padahal keseimbangan antara spiritualitas dan intelektualitas harus benar–benar seimbang. Pondok Pesantren Modern Al-Mizan lahir di tengah masyarakat dan turut  berperan aktif dalam upaya membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa, agar menjadi tunas bangsa yang memiliki akhlak mulia, mandiri, kreatif, inovatif, handal dan tangguh serta memegang teguh perinsip agama dan jati diri bangsa.

Pondok Pesantren Modern Al-Mizan dalam memasuki usianya yang ke-19 selalu mengedepankan kualitas, baik pendidikan maupun pengajaran dan terus mengembangkan sarana dan prasarana, kurikulum dan proses pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, sentuhan pengembangan spiritual Quation (SQ), Emotional Quotion (EQ) dan Intelektual Quotion (IQ).

A.           Visi
Al-Mizan sebagai pesantren prospektif yang mencetak santri ber-akhlaqul karimah, berbadan sehat, kreatif, berpengetahuan luas, dan berfikiran terbuka, berjiwa ikhlas, kebersahajaan, ber-ukhuwah islamiyyah, dan berdikari.

B.            Misi
1.      Menjadi tempat dalam membangun nilai-nilai spiritual dan kemuliaan akhlak melalui
proses bimbingan dan pembelajaran.
2.      Menanamkan pengertian dan kesadaran tentang arti “lillah”, arti beramal, arti taqwa
dan arti ikhlas sebagai obor yang akan membawa cahaya  Islam.
3.      Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan olah raga dan seni budaya secara terarah dan
profesional, serta menyediakan sarana dan prasarananya yang refresentatif.
4.      Membangun jiwa yang kuat, tabah dan mampu menguasai diri melalui pola hidup
sederhana dan bersahaja.
5.      Membangun sumber daya manusia unggul yang memiliki kapasitas intelektual dan
kesiapan profesional dengan keseimbangan pengetahuan agama  dan umum.
6.      Mendidik santri untuk pandai menghargai ide dan pemikiran orang lain secara
independen dengan landasan pola pikir yang jelas dan kuat.
7.      Membangun jiwa kreatif untuk memiliki kemampuan sebagai motivator, integrator, dan
stabilisator bagi masyarakat.
8.      Menjalin kebersamaan dengan sistem demokrasi dan jalinan perasaan keagamaan, baik
di dalam maupun di luar pesantren.
9.      Menanamkan keterbukaan dalam berpikir, berbuat, dan menentukan masa depan dalam
memilih jalan hidup di masyarakat.

C.           Tujuan
Sebagai lembaga pendidikan Islam yang berorientasikan masyarakat (aproach social oriented) maka Pondok Pesantren Modern Al-Mizan menetapkan arah dan tujuan pendidikan kepada  pembentukan pribadi-pribadi yang :
1.      Cinta kepada Islam, Nusa dan Bangsa
2.      Berakhlaq Mulia.
3.      Berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berpikiran bebas.
4.      Berjiwa keikhlasan, kesederhanaan, ukhuwah islamiyyah, kebebasan dan menolong diri
sendiri.
5.      Mengutamakan keseimbangan antara ilmu dan amal.
6.      Siap terjun di masyarakat meneruskan estafet perjuangan ulama sebagai syuhada
'alannas dalam rangka menegakkan kalimat Allah.


D.           Tingkat Pendidikan
1.      Program Diniyah Awaliyah. (Bagi Putra/I warga masyarakat sekitar pesantren )
2.      Program TMI Reguler/MTs dan Aliyah (masa tempuh 6 tahun bagi lulusan SD/MI).
3.      Program TMI Intensif/Aliyah, program IPA & IPS (masa tempuh 3 tahun bagi lulusan
SMP/MTs)
4.      Pengembangan Tahfidzul Qur’an (masa tempuh 6 tahun bagi lulusan SD/MI).

E.            Tenaga Edukatif
Tenaga pengajar yang diperbantukan di PPM Al-Mizan adalah mereka para sarjana S1 dan S2 yang memiliki latar belakang pendidikan yang cukup professional berasal dari berbagai perguruan tinggi dan para alumni dari berbagai pesantren.

F.            Fasilitas
Masjid, Asrama putra-putri, ruang belajar, lab. IPA, lab.komputer, lab.bahasa, ruang perpustakaan, kantor sekolah, kantor organisasi siswa/I, kantor Administrasi Keuangan, pendopo, Gedung Olah Raga (GOR),  penginapan, taman bermain anak,       lap. sepak bola, lap. badminton, lap. basket, lap. volley, tenis meja, minimart, fashion shop, book shop, kantin, wartel, warles, dapur umum, MCK, lapangan parkir.

G.           Kompetensi Kelulusan
Kompetensi Spiritual; Menguasai dan mampu mengimplementasikan nilai ajaran Islam
Kompetensi Personal; Berakhlakul karimah, mandiri, kreatif dan inovatif
Kompetensi Sosial; mampu berinteraksi dan berkomunikasi efektif

H.           Lulusan
PPM Al-Mizan hingga kini telah mengeluarkan ratusan alumni, sebagian besar dari mereka melanjutkan ke PTN dan PTS baik dalam maupun luar negeri (Malaysia, Mesir, Yordania,  Yaman, Iran,) mereka tersebar di segala jurusan seperti : Keagamaan, Kedokteran, Ekonomi, Perbankan, Teknik, Akper, Akbid, Akpol, Akmil, Komputer, Hukum, Pertanian, Pariwisata, Psikologi dll. Sebagian mereka telah bekerja baik di sektor formal maupun nonformal atau terjun di lembaga pendidikan, organisasi keagamaan dan organisasi politik.

I.              Program Pendidikan
a.            Program Intrakurikuler
Program ini diberikan secara klasikal dengan alokasi waktu belajar dimulai pkl. 07.00 – 12.15 WIB dan pkl. 14.15 – 15.00 WIB.
b.            Program Ekstrakurikuler
Program ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan praktis, sehingga para lulusan dapat mempraktekkannya di masyarakat. Program ini dikoordinasi oleh :
Bimbingan Guru
Belajar terpimpin dengan bimbingan wali kelas.
Pengajian intensif al-Qur'an dan tajwid setelah maghrib.
Pendidikan dan latihan komputer.
Studi kajian ilmiah dan diskusi-diskusi.
Fathul munjid, Bahtsul kutub.
Pendidikan bahasa melalui kursus Bahasa Arab dan Inggris.
Pembuatan paper dan bulletin.
Pengajian kitab-kitab salaf dan khalaf.
Latihan mengajar (Teaching practice).

Bimbingan Organisai Siswa
Pendidikan seni baca al-Qur'an melalui wadah jam'iyatul qurra.
Latihan pidato dalam 3 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris)
Disiplin berkomunikasi bahasa arab dan inggris dalam pergaulan sehari-hari.

Pembinaan olah raga: seni bela diri, sepak bola, voli, basket, badminton, tennis meja, takraw, senam irama dll.
Pendidikan seni kaligrafi, letter, majalah dinding, melukis,
Pendidikan kepramukaan, teater, koperasi.
Pendidikan keterampilan: sablon, janur, merangkai bunga. dll.
Pendidikan seni musik seperti marching band, kursus gitar, band, marawis, kasidah.
Kunjungan ke perpustakaan.

J.             Jadwal Kegiatan Santri
# Muhadatsah / Convertation Bahasa Arab dan Inggris Hari Senin dan Jum’at Pagi (setelah subuh)
# Libur Sekolah Hari Ahad/Minggu


K.           Pengembangan Program Tahfidzul Qur’an
Sains dan tehnologi berkembang sangat pesat, manusia harus memiliki kekuatan intelektual dan spiritual yang handal untuk membentuk moralitas kehidupan yang akan membawa dampak kemaslahatan pada manusia dan alam. Kewajiban pendidik jangan menempatkan anak didik hanya dibekali dengan ilmu dan pengetahuan saja, tanpa pendidikan moral, hal itu hanya akan menciptakan sikap tidak adil dan tidak imbang pada diri siswa yang pada akhirnya sains dan tehnologi akan menjadi alat yang menakutkan bagi kaum moralis-agamis, karena dikendalikan oleh subjek yang tidak bermoral dan berhati mulia, sehingga akan menghasilkan kehancuran dan kerugian pada manusia dan alam. Al-Mizan sebagai pesantren yang lahir dengan sistem pendidikan modern dan bernuansa islami mengembangkan program Tahfidzul Qur’an yang berorientasi kepada pembentukan kader-kader bangsa yang saintis-agamis (Qur'ani), yang dibekali dengan ilmu agama, sains dan tehnologi serta kemampuan menghafal al-Qur'an dan kemampuan berbahasa asing; Arab, dan Inggris, sehingga mampu beperan di era globalisasi secara optimal

L.            LETAK GEOGRAFIS
Lokasi Pondok Pesantren Modern Al-Mizan terletak di Jalan Jendral Sudirman Km.3 Narimbang Kampung Ancol Desa Cimangeunteung Rangkasbitung Lebak Banten,

Sedangkan Lokasi Pondok Pesantren Modern  Al-Mizan Putri terletak di Jalan Raya AMD Cikole Desa Sukaratu Majasari Pandeglang Banten.

M.          Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar dan Kondisi Kurikulum Pondok Pesantren Modern Al-Mizan
Tahap-tahap pengelolaan dan pelaksanaan proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Modern Al-Mizan  Rangkasbitung Lebak Banten diperinci sebagai berikut:
a.         Perancanaan meliputi:
1)         Menetapkan apa yang akan dilakukan, kapan dan bagaimana cara melakukannya.
2)         Memberi sasaran dan menetapkan pelaksanaan kerja untuk mencapai hasil yang maksimal melalui proses penetuan target.
3)         Mengembangkan alternatif-alternatif.
4)         Mengumpulkan dan menganalisis informasi.
5)         Mempersiapkan dan mengkomunikasikan rencana-rencana dan keputusan-keputusan.
b.         Pengorganisasian
1)      Menyediakan fasilitas, perlengkapan dan tenaga kerja yang diperlukan untuk penyusunan kerangka yang efisien dalam melaksanakan rencana-rencana melalui suatu proses penetapan kerja yang diperlukan untuk menyelesaikannya.
2)         Pengelompokkan komponen-komponen kerja kedalam
            Struktur organisasi secara teratur.
3)         Membentuk struktur wewenang dan mekanisme koordinasi.
4)         Merumuskan dan menetapkan metode dan prosedur.
5)         Memilih, mengadakan pelatihan dan pendidikan tenaga kerja serta mencari sumber-sumber lain yang diperlukan
c.         Pengarahan
1)         Menyusun kerangka waktu dan biaya secara terperinci.
2)   Mempersiapkan dan menampilkan kepemimpinan dalam melaksanakan rencana dan pengembangan keputusan.
3)         Mengeluarkan intruksi-intruksi yang spesifik.
4)         Membimbing, memotivasi dalam melakukan supervise.