Kamis, 06 Maret 2014



Tanpa kita sadari, kita sudah melakukan banyak kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan tulis menulis. Mengetik SMS, update status di facebook sampai menulis diary harian pribadi. Tapi, alangkah baiknya jika kita menghasilkan sesuatu dengan menulis. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan menulis. Salah satunya kita bisa menghasilkan uang dengan tulisan yang dikirim ke media massa.

Jenis tulisan yang dikirim pun beragam, mulai dari cerpen, citizen journalism, tips ringan, artikel, berita utama dan masih banyak lagi yang lainnya.
           
Berikut ada beberapa tips dari salah satu penulis buku “Odie Rizki”.
1.      Menulis! Yah, mulailah menulis, tunggu apalagi karena jika tak ada keinginan untuk memulai membuat tulisan, maka niscaya kamu selamanya tak  akan pernah bisa menulis dan menciptakan sesuatu.
2.      Sediakan penampung ide: catatan saku atau HP.
Di mana pun kamu berada selalu siapkan penampung idemu seperti catatan saku atau HP. Tulislah hal-hal yang berkesan, aneh dan menarik yang ada di sekitarmu karena inspirasi bisa datang dari mana dan kapan saja.
3.      Kenali gaya menulis anda: kekuatan dan ciri khas.
Setiap penulis harus mempunyai identitas dari karyanya. Ada yang senang menulis cerita sendu, bahagia bahkan horor. Ini diperlukan sebagai ciri khas penulis itu sendiri.
4.      Proses menulis penuh gaya: ciptakan ritual yang merangsang imajinasi. Penulis dituntut untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan keadaan hati. Jangan paksakan menulis jika kamu tak ingin. Karena hanya membuang waktu dan tak akan ada hasil yang baik.
5.      Banyak membaca. sesibuk apapun menulis, jangan pernah lupakan membaca. dari membaca kita akan mendapat banyak sumber  inspirasi baru. banyak belajar dari hasil karya orang lain, agar kita pun bisa lebih professional lagi dalam membuat hasil karya tulis.
6.      Ingat, tidak ada karya yang jelek. yang jelek adalah tidak memulai menulis dan berbagi pikiran anda dengan yang lain.

 

0 komentar: