Fenomena tentang adanya degradrasi nilai spiritual yang mengarah kepada timbulnya krisis moral di kalangan objek didik sangat dirasakan pengaruhnya, padahal keseimbangan antara spiritualitas dan intelektualitas harus benar–benar seimbang. Pondok Pesantren Modern Al-Mizan lahir di tengah masyarakat dan turut berperan aktif dalam upaya membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa, agar menjadi tunas bangsa yang memiliki akhlak mulia, mandiri, kreatif, inovatif, handal dan tangguh serta memegang teguh perinsip agama dan jati diri bangsa.
Pondok Pesantren Modern Al-Mizan dalam memasuki usianya yang ke-19
selalu mengedepankan kualitas, baik pendidikan maupun pengajaran dan terus
mengembangkan sarana dan prasarana, kurikulum dan proses pembelajaran untuk
menghasilkan lulusan yang berkualitas, sentuhan pengembangan spiritual Quation
(SQ), Emotional Quotion (EQ) dan Intelektual Quotion (IQ).
A.
Visi
Al-Mizan
sebagai pesantren prospektif yang mencetak santri ber-akhlaqul karimah,
berbadan sehat, kreatif, berpengetahuan luas, dan berfikiran terbuka, berjiwa
ikhlas, kebersahajaan, ber-ukhuwah islamiyyah, dan berdikari.
B.
Misi
1.
Menjadi tempat
dalam membangun nilai-nilai spiritual dan kemuliaan akhlak melalui
proses
bimbingan dan pembelajaran.
2.
Menanamkan pengertian
dan kesadaran tentang arti “lillah”, arti beramal, arti taqwa
dan arti ikhlas
sebagai obor yang akan membawa cahaya
Islam.
3.
Menyelenggarakan
kegiatan-kegiatan olah raga dan seni budaya secara terarah dan
profesional,
serta menyediakan sarana dan prasarananya yang refresentatif.
4.
Membangun jiwa
yang kuat, tabah dan mampu menguasai diri melalui pola hidup
sederhana dan
bersahaja.
5.
Membangun
sumber daya manusia unggul yang memiliki kapasitas intelektual dan
kesiapan
profesional dengan keseimbangan pengetahuan agama dan umum.
6.
Mendidik santri
untuk pandai menghargai ide dan pemikiran orang lain secara
independen
dengan landasan pola pikir yang jelas dan kuat.
7.
Membangun jiwa
kreatif untuk memiliki kemampuan sebagai motivator, integrator, dan
stabilisator
bagi masyarakat.
8.
Menjalin
kebersamaan dengan sistem demokrasi dan jalinan perasaan keagamaan, baik
di dalam maupun
di luar pesantren.
9.
Menanamkan
keterbukaan dalam berpikir, berbuat, dan menentukan masa depan dalam
memilih jalan
hidup di masyarakat.
C.
Tujuan
Sebagai
lembaga pendidikan Islam yang berorientasikan masyarakat (aproach social
oriented) maka Pondok Pesantren Modern Al-Mizan menetapkan arah dan tujuan
pendidikan kepada pembentukan
pribadi-pribadi yang :
1.
Cinta kepada
Islam, Nusa dan Bangsa
2.
Berakhlaq
Mulia.
3.
Berbadan sehat,
berpengetahuan luas dan berpikiran bebas.
4.
Berjiwa
keikhlasan, kesederhanaan, ukhuwah islamiyyah, kebebasan dan menolong diri
sendiri.
5.
Mengutamakan
keseimbangan antara ilmu dan amal.
6.
Siap terjun di
masyarakat meneruskan estafet perjuangan ulama sebagai syuhada
'alannas
dalam rangka menegakkan kalimat Allah.
D.
Tingkat
Pendidikan
1.
Program Diniyah
Awaliyah. (Bagi Putra/I warga masyarakat sekitar pesantren )
2.
Program TMI
Reguler/MTs dan Aliyah (masa tempuh 6 tahun bagi lulusan SD/MI).
3.
Program TMI
Intensif/Aliyah, program IPA & IPS (masa tempuh 3 tahun bagi lulusan
SMP/MTs)
4.
Pengembangan
Tahfidzul Qur’an (masa tempuh 6 tahun bagi lulusan SD/MI).
E.
Tenaga
Edukatif
Tenaga
pengajar yang diperbantukan di PPM Al-Mizan adalah mereka para sarjana S1 dan
S2 yang memiliki latar belakang pendidikan yang cukup professional berasal dari
berbagai perguruan tinggi dan para alumni dari berbagai pesantren.
F.
Fasilitas
Masjid,
Asrama putra-putri, ruang belajar, lab. IPA, lab.komputer, lab.bahasa, ruang
perpustakaan, kantor sekolah, kantor organisasi siswa/I, kantor Administrasi
Keuangan, pendopo, Gedung Olah Raga (GOR),
penginapan, taman bermain anak,
lap. sepak bola, lap. badminton, lap. basket, lap. volley, tenis meja, minimart,
fashion shop, book shop, kantin, wartel, warles, dapur umum, MCK, lapangan
parkir.
G.
Kompetensi
Kelulusan
Kompetensi
Spiritual; Menguasai dan mampu mengimplementasikan nilai ajaran Islam
Kompetensi
Personal; Berakhlakul karimah, mandiri, kreatif dan inovatif
Kompetensi
Sosial; mampu berinteraksi dan berkomunikasi efektif
H.
Lulusan
PPM
Al-Mizan hingga kini telah mengeluarkan ratusan alumni, sebagian besar dari
mereka melanjutkan ke PTN dan PTS baik dalam maupun luar negeri (Malaysia, Mesir,
Yordania, Yaman, Iran,) mereka tersebar
di segala jurusan seperti : Keagamaan, Kedokteran, Ekonomi, Perbankan, Teknik,
Akper, Akbid, Akpol, Akmil, Komputer, Hukum, Pertanian, Pariwisata, Psikologi
dll. Sebagian mereka telah bekerja baik di sektor formal maupun nonformal atau
terjun di lembaga pendidikan, organisasi keagamaan dan organisasi politik.
I.
Program
Pendidikan
a. Program Intrakurikuler
Program
ini diberikan secara klasikal dengan alokasi waktu belajar dimulai pkl. 07.00 –
12.15 WIB dan pkl. 14.15 – 15.00 WIB.
b. Program Ekstrakurikuler
Program
ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan praktis, sehingga para lulusan
dapat mempraktekkannya di masyarakat. Program ini dikoordinasi oleh :
Bimbingan
Guru
Belajar
terpimpin dengan bimbingan wali kelas.
Pengajian
intensif al-Qur'an dan tajwid setelah maghrib.
Pendidikan
dan latihan komputer.
Studi
kajian ilmiah dan diskusi-diskusi.
Fathul
munjid, Bahtsul kutub.
Pendidikan
bahasa melalui kursus Bahasa Arab dan Inggris.
Pembuatan
paper dan bulletin.
Pengajian
kitab-kitab salaf dan khalaf.
Latihan
mengajar (Teaching practice).
Bimbingan
Organisai Siswa
Pendidikan
seni baca al-Qur'an melalui wadah jam'iyatul qurra.
Latihan
pidato dalam 3 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris)
Disiplin
berkomunikasi bahasa arab dan inggris dalam pergaulan sehari-hari.
Pembinaan olah raga: seni bela diri, sepak bola, voli, basket,
badminton, tennis meja, takraw, senam irama dll.
Pendidikan seni kaligrafi, letter, majalah dinding, melukis,
Pendidikan kepramukaan, teater, koperasi.
Pendidikan keterampilan: sablon, janur, merangkai bunga. dll.
Pendidikan seni musik seperti marching band, kursus gitar, band,
marawis, kasidah.
Kunjungan ke perpustakaan.
J.
Jadwal
Kegiatan Santri
# Muhadatsah
/ Convertation Bahasa Arab dan Inggris Hari Senin dan Jum’at Pagi (setelah
subuh)
#
Libur Sekolah Hari Ahad/Minggu
K.
Pengembangan
Program Tahfidzul Qur’an
Sains
dan tehnologi berkembang sangat pesat, manusia harus memiliki kekuatan
intelektual dan spiritual yang handal untuk membentuk moralitas kehidupan yang
akan membawa dampak kemaslahatan pada manusia dan alam. Kewajiban pendidik
jangan menempatkan anak didik hanya dibekali dengan ilmu dan pengetahuan saja,
tanpa pendidikan moral, hal itu hanya akan menciptakan sikap tidak adil dan
tidak imbang pada diri siswa yang pada akhirnya sains dan tehnologi akan
menjadi alat yang menakutkan bagi kaum moralis-agamis, karena dikendalikan oleh
subjek yang tidak bermoral dan berhati mulia, sehingga akan menghasilkan
kehancuran dan kerugian pada manusia dan alam. Al-Mizan sebagai pesantren yang
lahir dengan sistem pendidikan modern dan bernuansa islami mengembangkan
program Tahfidzul Qur’an yang berorientasi kepada pembentukan kader-kader
bangsa yang saintis-agamis (Qur'ani), yang dibekali dengan ilmu agama, sains
dan tehnologi serta kemampuan menghafal al-Qur'an dan kemampuan berbahasa
asing; Arab, dan Inggris, sehingga mampu beperan di era globalisasi secara
optimal
L.
LETAK
GEOGRAFIS
Lokasi
Pondok Pesantren Modern Al-Mizan terletak di Jalan Jendral Sudirman Km.3
Narimbang Kampung Ancol Desa Cimangeunteung Rangkasbitung Lebak Banten,
Sedangkan
Lokasi Pondok Pesantren Modern Al-Mizan
Putri terletak di Jalan Raya AMD Cikole Desa Sukaratu Majasari Pandeglang Banten.
M.
Pelaksanaan
Kegiatan Belajar Mengajar dan Kondisi Kurikulum Pondok Pesantren Modern
Al-Mizan
Tahap-tahap
pengelolaan dan pelaksanaan proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Modern
Al-Mizan Rangkasbitung Lebak Banten
diperinci sebagai berikut:
a. Perancanaan
meliputi:
1) Menetapkan apa yang akan dilakukan,
kapan dan bagaimana cara melakukannya.
2) Memberi sasaran dan
menetapkan pelaksanaan kerja untuk mencapai hasil yang maksimal melalui proses
penetuan target.
3) Mengembangkan alternatif-alternatif.
4) Mengumpulkan dan menganalisis
informasi.
5) Mempersiapkan dan
mengkomunikasikan rencana-rencana dan keputusan-keputusan.
b. Pengorganisasian
1) Menyediakan
fasilitas, perlengkapan dan tenaga kerja yang diperlukan untuk penyusunan
kerangka yang efisien dalam melaksanakan rencana-rencana melalui suatu proses
penetapan kerja yang diperlukan untuk menyelesaikannya.
2) Pengelompokkan komponen-komponen kerja
kedalam
Struktur organisasi secara teratur.
3) Membentuk struktur wewenang dan
mekanisme koordinasi.
4) Merumuskan dan menetapkan metode dan
prosedur.
5) Memilih, mengadakan
pelatihan dan pendidikan tenaga kerja serta mencari sumber-sumber lain yang
diperlukan
c. Pengarahan
1) Menyusun kerangka waktu dan biaya
secara terperinci.
2) Mempersiapkan dan
menampilkan kepemimpinan dalam melaksanakan rencana dan pengembangan keputusan.
3) Mengeluarkan intruksi-intruksi yang
spesifik.
4) Membimbing, memotivasi dalam melakukan
supervise.